Bertempat di Kampus Unsimar, Rabu (25/3/2021) Rektor Unsimar Suwardhi Pantih, S.Sos.,M.M. melepas 162 peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Angkatan 1 Tahun 2021. "Kegiatan KKN Tematik ini adalah yang pertama dilakukan di Universitas Sintuwu Maroso, juga yang pertama kalinya diselenggarakan pada Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Sulawesi Tengah," Kata Rektor.

Rektor memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebagai penyelenggara kegiatan KKN Tematik ini. "KKN Tematik ini lebih kepada penerapan keilmuan di lapangan sesuai dengan visi universitas yakni kewirausahaan. Kiranya dengan KKNT ini dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk pembangunan di desa." papar Rektor dalam sambutannya.

Selain itu, kedepannya Rektor mengharapkan agar Fakultas lain di lingkungan Unsimar agar dapat menyelenggarakan kegiatan serupa. Dalam sambutannya pula Rektor berpesan kepada seluruh peserta agar senantiasa menjaga nama baik almamater selama proses pelaksanaan KKN berlangsung, serta tetap mengikuti protokol kesehatan.

Kuliah Kerja Nyata Membangun Desa (KKNMD) adalah program pendidikan di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan FKIP Universitas Sintuwu Maroso dengan cara memberikan pengalaman belajar serta praktek langsung kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan menciptakan solusi untuk masalah yang ada di desa bersama masyarakat. Khusus untuk FKIP adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajar di desa, melatih kemampuan mahasiswa dan memberikan pengalaman secara langsung dalam kegiatan pembelajaran serta upaya menjawab masalah pendidikan yang ada di desa-desa.

Dengan dilakukan kegiatan ini, diharapkan dapat mengasah softskill, kerja sama tim dan leadership mahasiswa dalam program pembangunan di wilayah pedesaan. Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilakukan selama 3 bulan atau setara dengan 12 SKS dan mahasiswa diwajibkan membuat tulisan hasil kegiatan dalam bentuk tugas akhir/laporan.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Manajemen Sudarto Usuli, S.E.,M.M. menyampaikan bahwa kegiatan KKNT ini dilakukan bukan hanya sekadar kehadiran mahasiswa di desa tetapi juga berkaitan dengan peningkatan kemampuan, dimana di desa mahasiswa dapat berkolaborasi dengan masyarakat desa dan juga belajar mengambil keputusan. Dalam pemaparannya Dr. Holmes, ketua Panitia KKN Jurusan Manajemen menyampaikan bahwa peserta KKN mempunyai tugas utama untuk membantu desa memecahkan permasalahan yang ada di desa berdasarkan pendekatan teori dan pemecahan masalah sesuai mata kuliah yang diintegrasikan pada KKNT.

"Setelah pelaksanaan kegiatan KKN ini berakhir, mahasiswa akan melakukan pemaparan hasil analisisnya kepada mitra dan pemerintah desa dengan harapan rancangan yang diberikan dapat menjadi salah satu masukan penting bagi pengambilan kebijakan di desa", ujar Dr. Holmes.