Guna mensukseskan Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Tadulako (Untad) menjalin kerjasama dengan Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kerjasama tersebut tertuang dalam Nota kesepahaman yang ditanda tangani, Senin 19 April 2021, di Rektorat Untad.

Dikesempatan itu, Rektor Untad, Prof. Mahfudz mengaku menyambut positif terjalinnya kerjasama tersebut. Kata dia, Unsimar dan Tadulako adalah saudara, karena sama-sama berada di Sulteng.

“Saya secara pribadi juga punya ikatan batin dengan Unsimar, karena pernah menjadi tenaga pelajar di Fakultas Pertanian Unsimar pada tahun 1987. Untuk itu saya menyambut dengan penuh rasa kekeluargaan kehadiran Unsimar untuk bekerjasama dengan Untad,” ucap rektor.

Prof. Mahfudz mengatakan, kesiapan Untad bersinergi dalam pelbagai kegiatan tri dharma, baik penelitian maupun kerjasama dalam mengembangkan potensi daerah di Kabupaten Poso.

“Dengan adanya program MBKM, sangat terbuka peluang kita untuk bekerjasama demi masa depan anak-anak kita,” kata Mahfudz.

Sementara itu Rektor Unsimar, Suwardhi Pantih menjelaskan, kerjasama Untad dan Unsimar telah terjalin selama 15 tahun. Ada banyak kegiatan yang telah dilakukan sebagai implemetasi dari kerjasama tersebut, diantaranya penelitian, pengembangan kurikulum, bimbingan teknis dan sosialisai program pascasarjana.

“Implementasi MoU ini tidak sekedar penandatangan, tapi sudah berjalan maksimal, ada beberapa program yang sudah dilakukan yang melibatkan Untad diantaranya kita sudah melakukan bimbingan teknis seperti Pekerti, Applied Aproach, dan terkait bimbingan kurikulum. Pada penerimaan mahasiswa baru, pihak tim penerimaan pascasarjana sudah melakukan sosialisasi yang bisa memediasi pemerintah daerah dan civitas akademika Untad,“ terang Suwardhi.

Selain itu pihaknya juga telah melakukan kolaborasi dengan Fakultas Peternakan dan Perikanan Untad terkait Sekolah Peternakan Rakyat.

Sesuai kesepakatan,Kerjasama Untad dan Unsimar akan berlangsung selama 5 tahun. Turut hadir dalam kesempatan tersebut yaitu Gitit I.P. Wacana, S.S.,M.Hum selaku Wakil Rektor IV Bidang SDM Universitas Sintuwu Maroso dan Kerjasama Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Muhammad Nur Ali, M.Si, Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. Amar, ST., MT, dan Ketua LPPM Dr. Ir. Rusydi, M.Si. (Sumber)