Selasa (20/04/2021) Bupati Poso dr. Verna G.M. Inkiriwang bersama Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun, S.Sos, mengikuti acara audiensi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Poso bersama Universitas Sintuwu Maroso Poso, bertempat di Ruangan Pogombo Kantor Bupati Poso. Pada kesempatan itu Bupati Verna memberikan sambutan sekaligus arahan pada acara audiensi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dengan Universitas Sintuwu Maroso Poso.
 
Bupati Poso dan Wakil Bupati Poso menyambut baik kegiatan audiens ini, sekaligus mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Pihak Universitas Sintuwu Maroso Poso yang telah menyelenggarakan acara audiensi yang tentunya memiliki nilai yang sangat penting dan strategis untuk kemajuan bersama daerah ini. Keterlibatan dan peran para stakeholder serta dukungan seluruh komponen masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah kedepan.
 
Kami mengajak seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan untuk menyatukan tekad dan langkah, pemikiran intelektual dan akademisi yang inovatif yang akan melahirkan karya-karya besar yang bersinergi dengan program pembangunan daerah kedepan. Tujuh Pilar yang menjadi program unggulan daerah diharapkan dapat di Kolaborasikan dengan program yang ada dimasing-masing OPD Pemerintah Daerah, tentunya dengan dukungan dari para akademisi kampus Unsimar Poso yang mengembangkan pengabdiannya melalui Tri Dharma perguruan tinggi, ujar Bupati Verna.
Tawaran kerjasama (MOU) bersama Universitas Sintuwu Maroso menjadi sinyal positif dan langkah kongkrit untuk mewujudkan kebersamaan dalam mengembangkan dan memajukan kota Poso ke depan, sehingga Visi mewujudkan Kabupaten Poso menjadi Kabupaten yang Maju, Tangguh dan Terdepan di Sulawesi Tengah dapat tercapai. Dengan adanya kerjasama yang terjalin baik ini diharapkan kedua belah pihak dapat mendapatkan win win solution antara Pemerintah Daerah Poso dengan Pihak Universitas Sintuwu Maroso.
 
Inovasi, bisnis, dan Pusat Lingkungan Hidup (Kegiatan awal dengan pemberdayaan pertanian di Kabupaten Poso bersama Kementerian Pertanian) merupakan program kegiatan yang bisa dikolaborasikan bersama sehingga arah dan tujuan pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Poso dapat terwujud dalam waktu yang tidak begitu lama.
Di akhir sambutannya Bupati Verna menyampaikan kami sangat optimis seluruh program yang dicanangkan dapat tercapai karena mendapat dukungan dari pihak akademis antara lain dengan pihak Universitas Tadulako Palu yang beberapa waktu lalu juga telah menjajaki kerjasama dengan Pemda Poso di Bidang Peternakan.
Acara tersebut dihadiri para Kepala OPD Pemda Poso, Ketua Yayasan Unsimar Poso, Yan Edward Guluda, SH., MH., Rektor Unsimar Poso, Dr. Suwardi Pantih, S.Sos, MM, Civitas Akademika Universitas Sintuwu Maroso, Tim Inovasi Universitas Sintuwu Maroso dan tamu undangan lainnya. (Sumber : Kominfosandi Kab Poso)