Kesalahan
  • Template untuk tampilan ini tidak tersedia. Silahkan hubungi website Administrator.

PENDAFTARAN MANUAL

Untuk pendaftaran secara manual, Anda diminta datang Ke Kampus Universitas Sintuwu Maroso untuk mengambil formulir pendaftaran dan membayar biaya formulir pada bank yang kami tentukan. Penjelasan teknis akan dijelaskan oleh Panitia pada saat proses pendaftaran.


PENDAFARAN ONLINE

1. Pendahuluan

Untuk masuk kedalam sistem pendaftaran online buka web browser yang telah terinstall di komputer. Browser yang dapat digunakan adalah Mozilla Firefox 4.0+, Google Chrome 10+ maupun Safari 5+. Setelah itu masukkan alamat web pendaftaran online UNSIMAR (http://pmb.unsimar.ac.id/ atau http://www.unsimar.ac.id/web/) pada address bar web browser yang digunakan seperti yang terlihat pada gambar 1.1. Selanjutnya klik pada tombol Pendaftaran Online, Anda akan diarahkan menuju pengisian formulir pendaftaran.


Gambar 1.1 Tampilan Awal Halaman Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIMAR

 

2. Pengisian Formulir Pendaftaran Online

Anda diwajibkan mengisi seluruh form isian pada formulir pendaftaran ini seperti terlihat pada Gambar 2.1 di bawah ini. Setelah pengisian selesai dilakukan, Anda dipersilahkan memeriksa kembali setiap isian sebelum memutuskan untuk menyimpan. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengisian formulir :

  • Pastikan Email yang dimasukkan valid karena informasi pendaftaran Anda akan dikirimkan ke email tersebut.
  • Pastikan Nomor Telepon yang dimasukkan valid
  • Silahkan memilih Dua Pilihan Program Studi
  • Untuk Jawaban Pendidikan Sebelumnya, Silahkan memilih SMA/Sederajat apabila Anda lulusan SMA/Sederajat yang baru akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi. Silahkan memilih Transfer apabila Anda adalah mahasiswa jenjang Diploma/Sederajat dan atau Mahasiswa Perguruan Tinggi lain yang akan melanjutkan/pindah ke Unsimar


Gambar 2.2 Formulir Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Unsimar

 

3. Cetak Formulir Pendaftaran

Setelah menyelesaikan pengisian formulir Online, Anda diwajibkan mencetak formulir pendaftaran tersebut menggunakan kertas Ukuran A4 sebanyak 2 rangkap. 1 rangkap diserahkan kepada panitia seleksi, 1 rangkap sebagai arsip calon mahasiswa. Cetak formulir dilakukan dengan mengklik Tombol Cetak Formulir. Anda juga dapat mencetak formulir pendaftaran tersebut nanti dengan melakukan login ke Portal SIASIMAR menggunakan kode login yang dikirimkan via email atau yang ditampilkan dihalaman akhir pendaftaran.


Gambar 3.1 Cetak Formulir Pendaftaran Online

Selanjutnya, silahkan memeriksa email Anda. Anda akan dikirimi informasi No. Pendaftaran dan Password yang akan digunakan untuk nomor mengikuti Seleksi Masuk (SIMAK) UNSIMAR 2020.


Gambar 3.2 Informasi Kode Login Pendaftaran Mahasiswa Baru melalui Email Calon Mahasiswa

 

4. Pembayaran Formulir Pendaftaran

Setelah pengisian formulir Online selesai dilakukan (telah dicetak), Anda diwajibkan membayar biaya formulir melalui Bank BRI Cabang Poso No. 0072-01-000643-30-8 An. Universitas Sintuwu Maroso sesuai dengan besaran biaya yang ditetapkan. Panduan pengisian Bukti Setoran seperti pada Gambar 4.1.

  • Gelombang I Reguler : Rp. 250.000
  • Gelombang II Reguler : Rp. 300.000
  • Kelas Karyawan : Rp. 350.000

 
Gambar 4.1 Panduan Penulisan Setoran Pembayaran Formulir Mahasiswa Baru

 

5. Pengumpulan Formulir / Validasi Pendaftaran Masuk (Harap Perhatikan Baik-Baik Bagian ini)

Setelah seluruh proses selesai dilakukan, Anda diminta mengirimkan Formulir Pendaftaran dan Bukti Pembayaran Masuk ke Pantia Seleksi Masuk Universitas Sintuwu Maroso dengan cara:

  • Mengirimkan atau Mengantarkan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi Masuk di Kampus Unsimar Jl. P. Timor No. 1 Poso.
  • Mengirimkan Via WhatsApp ke Nomor 082252537550 / 082194363525 dengan cara
    1. Mencantumkan Nomor Pendaftaran dan Password
    2. Mengirimkan Bukti Pembayaran Masuk yang telah disetorkan ke Bank BRI
    Contoh : Nomor Pendaftaran (20201-00212) / Password (b50112)
  • Melalui Inbox pada Facebook Universitas Sintuwu Maroso (Format Sama dengan pengiriman via WA)

Anda akan menerima pemberitahuan dari Panitia apabila pendaftaran Anda sudah kami terima dan tervalidasi.

 

6. Seleksi Masuk UNSIMAR 2022

Dengan One Day Service, Anda dapat memilih dan dilayani melakukan tes pada saat pendaftaran melalui dua mekanisme yakni Computer Based Test (CBT) atau tes tertulis (PBT). Hasil tes masuk dapat diketahui langsung beberapa saat setelah Anda menyelesaikan materi tes yang diberikan.

 

7. Daftar Ulang / Kelengkapan Berkas Pendaftaran

Apabila Anda dinyatakan lulus seleksi SIMAK UNSIMAR 2022, Anda diwajibkan melakukan Pendaftaran Ulang melalui Panitia Seleksi dengan melampirkan Kelengkapan Berkas berupa:

Persyaratan Pendaftaran terdiri dari persyartan administrasi dan persyaratan akademik

    1. Persyaratan administrasi terdiri dari:
    • Foto copy Ijazah SMA/MA/SMK atau diploma lengkap dengan transkrip nilai yang dilegalisasi
    • Asli Surat Keterangan Lulus (SKL) untuk Lulusan 2020 apabila belum memiliki Ijazah
    • Foto copy Kartu Keluarga
    • Pas foto berwarna ukuran 2X3 cm (2 Lembar)
    • Lampirkan Bukti Pembayaran Asli dari Bank BRI

Setelah seluruh proses pendaftaran telah selesai, pendaftar hanya perlu menunggu untuk mendapatkan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dengan melakukan Daftar Ulang di kampus UNSIMAR sesuai jadwal yang telah ditentukan.